Jemputlah Rezeki Dari Tuhanmu Di Waktu Subuh (Pagibuta)

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiring kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
Waktu Pagi buta adalah dimulaianya semua kebaikan.
Nabi SAW ketika membangunkan putri kesayangannya Fatimah, Beliau bersabda : 
"Wahai anakku, bangunlah, songsong rezeki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk pribadi yang lalai. Sebab Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya diantara terbit fajar dengan terbit matahari". (HR. Ahmad dan Baihaqi). Inilah salah satu balasan Allah ketika bangun pagi akan beroleh rezeki. 

Pagi hari adalah awal dari sebuah hari. Dalam Islam waktu pagi adalah identik dengan waktu subuh. Sebab kata subuh itu sendiri adalah pagi. Dalam Al-Qur'an dari 114 surat, kata subuh diulangi hingga 19 kali. Hal ini menandakan ada keistimewaan tersendiri di dalamnya. 

Memang bangun subuh tidaklah mudah bagi kebanyakan orang kecuali bagi orang-orang shaleh dan tawadhu. Hal ini adalah karena kejahatan setan yang tak pernah putus asa dalam menggoda manusia, tak tercuali sekalipun sedang tidur.  Rasulullah SAW bersabda : "Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) diantara kalian pada saat tidur". Dan pada setiap ikatan, setan akan mengatakan "malam masih panjang tidurlah!". Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah lepaslah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu lepaslah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia mendirikan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Dan di pagi harinya ia akan semangat dan bergembira. Jika hal itu tidak dilakukan, dia tidak akan ceria dan menjadi malas" (HR. Bukhari dan Muslim) 

Bagi orang yang meneruskan tidurnya akan mendapatkan kerugian yang besar. Kerugian pertama adalah wajah menjadi suram dan tidak bergairah. Kedua, tidak melakukan shalat subuh. 
Kerugian besar karena shalat subuh telah ditinggalkan padahal di dalam shalat subuh ada hal yang istimewa dibandingkan dengan shalat yang lima waktu, yaitu Dhuhur, Asyar, Maghrib dan Isya. 

Keistimewaan atau perbedaan shalat subuh dengan shalat yang lainnya, adalah tatkala shalat subuh, kita disaksikan oleh dua rombongan malaikat yaitu malaikat yang ditugasi di siang hari dan di malam hari. Dari salah satu rombongan malaikat itu, memohonkan dengan doa kebaikan kepada kita. Setelah itu, lalu dari salah  satu rombongan malaikat yang tugas malam kembali menghadap Allah untuk melaporkan keadaan mereka yang shalat subuh.  
Firman Allah di dalam al-qur'an terkait shalat subuh, sebagai berikut 
"Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh (865). Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)". QS, Al-Isra'/17 :78). 
Ket. (865) Ayat ini menerangkan waktu-waktu shalat yang lima. Tergelincir matahari untuk waktu shalat dhuhur dan asyar, gelap malam untuk waktu shalat maghrib dan isya. 
Sedangkan disaksikan oleh dua malaikat, ini dijelaskan dalam hadits sebagai berikut : 
"Dari sayyidina Abu Huraiah, رضيَ اللَّه عنهُ  bahwasanya Nabi صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم bersabda yang maksudnya tidaklah para hamba berada di pagi hari, melainkan pada pagi itu terdapat dua malaikat yang turun. Salah satunya berdo'a :Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang berinfak, sedang yang lain berkata: Ya Allah berikanlah kebinasaan (harta) kepada orang yang (menahannya)". [Muttafak alaih].

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, r.a. Rasulullah SAW. bersabda : 
"Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di waktu shalat subuh dan asyar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Robb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-Nya. Bagaimana kondisi hamba-hamba-Ku ketika kalian tinggalkan?. Para malaikat menjawab kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka juga dalam keadaan shalat". (HR. Bukhari-Muslim) 

Menurut pengarang Tafssir Jalalain, malaikat yang menyaksikan shalat shubuh sangat banyak. Mereka adalah para malaikat yang berjaga malam hari dan para malaikat yang berjaga pada siang hari. 
Maka dari berbagai informasi baik al-qur'an ataupun hadits, sudah selayaknya bangun pagi harus menjadi budaya, karena ini adalah sesuai ajaran agama. 
Seorang ayah harus mampu membangunkan anaknya untuk melakukan shalat subuh. Suami sitri harus saling berpesan untuk saling membangunkan jika ada anggota keluarga yang kesiangan. Insya Allah dari salah satu keluarga yang bangun pagi dan mengingatkan anggota keluarga yang lain, akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

Keistimewaan/keuntungan yang lain bagi orang yang bangun bagi (subuh) akan didoakan oleh Nabi SAW. Hal ini terkuak dalam hadits yang ditulis oleh Imam Abu Daud, Imam Ibnu Majah, dan Imam Thurmidzi, dalam kitab Induk hadits mereka. Nabi SAW. bersabda : "Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu pagi". Tentu ini adalah keberuntungan yang tiada tara bagi orang-orang yang selalu bangun pagi (subuh). 
Bangun pagi selain ditujukan untuk beribadah secara khusus, harus juga didedikasikan untuk menolong sesama. Syeikh Nawawi Banten dalam Nashaihul Ibad mengutip hadits Nabi SAW. "Barang siapa yang di awal pagi mendedikasikan diri menolong orang yang dizalimi dan memberi keperluan kepada orang islam, maka ia mendapat pahala seperti haji mabrur".

Dari semua yang telah diuraikan di atas, dapat dimengerti bahwa bangun pagi jadi penanda dimulainya semua kebaikan. Sementara dari semua kebaikan yang dilakukan ada pahala tersendiri sesuai janji Allah yang tidak akan ingkar janji. Janji itu pasti akan diberikan. Firman Allah sebagai berikut : 
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya" Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji". (QS, Ali Imran/3 : 9). 

Demikian uraian singkat materi "Jemputlah Rezeki Dari Tuhanmu Di Waktu Subuh (Pagibuta). Semoga bermanfaat dan menjadikan waktu subuh sebagai aktivitas ibadah yang penuh kesungguhan. Aamiin... 

0 Response to " Jemputlah Rezeki Dari Tuhanmu Di Waktu Subuh (Pagibuta)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel